Akademik, Berita Terbaru|

Pembina Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag menjadi narasumber Workshop Penguatan Literasi dan Moderasi Beragama untuk Perkumpulan Persaudaraan PERSADA Nusantara (PPPN) Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur serta Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Moderasi Beragama yang bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana IKHAC Mojokerto, kemarin 18 Desember 2022.

Pada kempatan ini, beliau yang juga sebagai Ketua Pergunu Pusat sekaligus Penasehat PERSADA Jawa Timur menyampaikan “Kita boleh bergaul dengan masyarakat di luar Aswaja, tapi kita harus meyakini kebenaran Ahlussunnah wal Jama’ah. Ini adalah moderat.”

Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag mengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang berjumlah puluhan ribu santri baik yang ada di Pacet Mojokerto dan Surabaya. Di tengah kesibukan beliau mengajar di pesantren, tidak sedikit orang dari berbagai macam kalangan yang silih berganti untuk bertamu ke ndalem beliau. Mulai dari rakyat, wakil rakyat bahkan pemimpin. Semuanya disambut dengan baik dan hangat oleh beliau. “Partai apapun jika bertamu di Amanatul Ummah, kita sambut terima. Kita terbuka”. Ujar beliau ketika mengurai moderasi dalam berpolitik.

Moderasi beragama Sebagai prinsip keharmonisan, beliau menegaskan bahwa “Amanatul Ummah itu maju dengan menjaga prinsip al Muhafadzah ‘alal Qadimish shalih wal akhdzu bil jadidil ashlah.” Kemudian di akhir presentasi beliau berpesan peserta acara agar belajar dan mempraktekkan wasathiyah (Moderasi) dalam segala bidang, sosial, fikih, akhlak, politik dan lain-lainnya.

Sementara itu, Rektor Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Dr. H. Mauhiburrokhman, Lc. M.IRKH menyampaikan “Islam itu moderat. Dan kita hendaknya moderat dalam cara berpikir dan bertindak”. Sebagai tuan rumah, Rektor yang akrab dengan sapaan Gus Muhib tersebut menuturkan kalau “yang kita pikirkan bukan hanya berislam dengan ritual saja, tapi juga kepedulian sosial”.

Kegiatan workhsop plus FGD ini diinisiasi oleh Persatuan Dosen Agama Islam (Persada) Nusantara Wilayah Jawa Timur dengan narasumber utama Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M. Fil.I (Wadek III fak. Sastra UM), Prof. Dr. Turhan Yani, MA (Dekan FISH UNESA) dan Dr. H. Mauhiburrokhman, Lc. M. IRKH (Rektor IKHAC) yang dihadiri oleh 40 an orang peserta dari pelbagai delegasi universitas terkemuka di Jawa Timur selama dua hari, 18-19 Oktober 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window