Akademik, Fakultas Dakwah|

Program Studi Komunikasi dan Penyiran Islam (KPI) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) menyelenggarakan seminar nasional sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Komisi Penyiaran Indonesia Pusat dan KPID Jawa Timur di Guest House (GH) IKHAC pada hari jumat, (23/12/2022).

Seminar nasional yang bertajuk “Transformasi Wajah Pengiaran Indonesia di Era Televisi Digital” tersebut dihadiri langsung oleh komisioner KPI Pusat, yakni Mohamad Reza, M.I.KOM, ketua KPID Jawa Timur Immanuel Yosua T, M.I.KOM., M.H, Koordinator bidang Pengelolaan Stuktur dan Sistem Penyiaran A. Afif Amrullah, S.HI., M EI serta seluruh dosen dan mahasiswa KPI IKHAC dengan total peserta 135 orang.

Dalam penyampaiannya, Muhamad Reza menjelaskan, bahwa entitasnya siaran televisi digital adalah jaminan kualitas gambar yang bersih dan suara yang jernih.

“Kalau televisi analog seringnya kita mendapatkan kualitas gambar yang tidak jernih. Banyak semutnya dan kadang gambar menjadi banyak bayangan. Tapi kalau ini, televisi digital dijamin jernih gambarnya dan bagus kualitas visualisasinya. Dia canggih tapi bukan smart tv. Karena smart tv itu sejatinya adalah tv android. Dia butuh kouata (paket data). Tapi kalau siaran digital itu gratis dengan kualitas yang tidak gratisan” ungkap Reza.

Akhir bulan desember 2022 menjadi bulan pemberhentian siaran televisi analog yang sudah mengudara hampir 60 tahun lamanya. Pemberhentian ini sering disebut dengan ASO (Analog Switch Off) dan menunjukkan Indonesia masuk di era siaran digital.

Era digital bukanlah suatu hal yang mengherankan karena siaran digital sebelumnya hanya dinikmati oleh para pengguna parabola dengan layanan yang kadang ada berbayar. Tapi sekarang, layanan siaran digital digratiskan sehingga masyarakat bisa menikmati siaran yang kualitas gambarnya jernih hanya dengan menambahkan alat decorder yang disebut dengan Set Top Box (STB).

Set Top Box memanf harus dibeli. Namun bagi masyarakat yang kurang mampu akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Reza selalu komisioner KPI berharap agar masyarakat mau menerima era siaran digital ini. Sehingga gerakan migrasi tv analog ke digital dapat membantu pemerintah dalam modernisasi siaran televisi serta meningkatkan jaringan internet hingga 5G akibat slot frekuensi bekas tv analog yang sudah ditinggalkan oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window