Berita Terbaru, Penelitian|

Mojokerto Bidik – Kabar gembira datang dari Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto (UAC). Lantaran salah satu jurnal ilmiah kampus ini terindeks Scopus secara resmi pada Senin ini (11/09/23).

Dengan terindeksnya jurnal Nazhruna UAC di Scopus, Jurnal Pendidikan Islam ini menjadi jurnal kedua di Indonesia yang terindeks di Scopus setelah JPI Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung.

Jurnal Nazhruna yang terindeks Scopus (tim bidik/Pangestu)

Dalam perjalanannya Nazhruna berdiri dan memperoleh ISSN pada tahun 2018, kemudian pada tahun 2020 terakreditasi sinta 3. Meski begitu, tidak mudah bagi jurnal ini untuk meraih level indeks internasional. Pada tahun 2021 Nazhruna sempat ditolak oleh Scopus karena belum banyak citasi dan perlu memperkuat diversitinya.

Semangat perjuangan tim Nazhruna untuk mencapai ini tidak lepas dari bimbingan para senior di Arjunu, dan para sahabat pengelola jurnal.

Pada pengajuan kedua, Nazhruna terdapat penulis dari berbagai negara yang terdiri dari Turkye, Thailand, Pakistan, Bosnia dan Herzegovina. Capaian luar biasa ini tentunya tak lepas dari tim, terutama ketua Editor Prof. Dr. Choirul Mahfud dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), Prof. Owusu Ansah David dari United States of America (USA), Abdullah Martin Drury dari New Zaeland, Prof Ednan Aslan dari Viena Austria, dan tentunya tim Nazhruna UAC.

Selama ini jurnal Nazhruna dikelola secara profesional oleh tim, yang terdiri dari Dr. Muhammad Anas Maarif, Akhmad Sirojuddin, M.Pd.I., dan Dr. Rahmat M.Pd.I. mereka adalah tim yang solid dan terus bekerja keras untuk membawa jurnal ini ke level internasional. Salah satu pengelola Jurnal Nazhruna, Dr. Anas Ma’arif, menyampaikan terimakasih atas segenap dukungan.

“Alhamdulilah terimakasih tak terhingga atas dukungan dari segenap pimpinan dan Civitas Akademika UAC, tentunya menjadi semangat bagi tim, doa pembina UAC Prof Dr. Asep Saifuddin Chalim, Rektor beserta jajarannya, dan segenap Civitas Akademika UAC “, ujarnya.

Lebih lanjut, Anas menceritakan keunikan dari Nazhruna yang masih terakreditasi sinta 3 akan tetapi sudah mampu diterima Scopus.

Harapan kedepan, dengan terindeksnya Jurnal Nazhruna di Scopus akan diikuti oleh jurnal ilmiah lainnya yang dikelola di kampus UAC. Serta menghidupkan iklim akademik yang berkualitas dan mendukung visi UAC untuk menjadi International University. (PL)

https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/CitednessinScopus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window