Berita Terbaru|

Mojokerto, Bidik – Internasional Syariah Ekonomi Festimal (ICEF) gelar silaturahim pesantren dalam rangka ICEF 2023 yang didakan di dua puluh empat Kantor Perwakilan Dalam Negri Bank Indonesia (PWDNI) bersama anak pesantren di seluruh Indonesia, Rabu (25/10/2023).

Potret Civitas Akademika UAC dalam acara Milad ICEF ke-10 (Shabrina/tim media official UAC)

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas KH. Abdul Chalim, Dr. H. Mauhiburrohman, Lc., MIRKH., Dekan Fakultas Syariah, Dr. Hj. Farida Ulvi Na’imah, Direktur BI kantor perwakilan Jawa Timur, bapak Muslihun, dan seluruh anggota ICEF dan teman-teman dari dua prodi yakni Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah yang mana berjumlah sekitar 100 siswa.

Acara tersebut bertujuan untuk mendekatkan engagement kebersamaan, solidaritas, dan kerja sama antara Bank Indonesia dengan pesantren. Pesantren juga merupakan salah satu sumber dari pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mana apabila dibudidayakan, ini akan sejalan dengan salah satu amanat Bank Indonesia dalam mencegah stabilitas makro ekonomi, khususnya terkait dengan inflasi. Karena beberapa kerja sama BI dengan pesantren dalam rangka bekerja sama untuk mengendalikan Inflasi, khususnya dari sisi pangan. Salah satu bentuk kerja sama dengan Amanatul Ummah adalah Green House, yang lebih terfokuskan ke pengelolaan cabe rawit, disebabkan cabe harganya bergejolak.

Potret santri PP Amanatul Umah dalam acara Milad ICEF ke-10 (Shabrina/tim media official UAC)

Namun ICEF tidak hanya berhenti di Amanatul Ummah, tetapi diseluruh Indonesia, Contohnya seperti Riau, Magelang Jawa Tengah, Balik Papan, dan Nusa Tenggara Barat. Masing-masing dari tempat tersebut memiliki beberapa keunggulan dan bisa disinergikan bersama-sama nantinya.

“Alasan Kenapa Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang dipilih? Kami melihat bahwa, prestasinya bisa menjadi contoh bagi beberapa pesantren lain. Misalnya, waktu maret kami datang kesini untuk sosialisasi, dan mendapatkan informasi bahwa ada dua ratus lulusan SMA/MA nya yang diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di negara Indonesia, dan ini juga menunjukkan kualitas pendidikannya disini bagus, tidak hanya ngaji fiqih tapi juga ngaji sufi saja.“ ungkap Muslihun, kepada warta Bidik.

Kemudian semakin lama Ukhuwah atau Silaturahim antara Bank Indonesia dengan pesantren itu semakin kuat dan solid, hubungan yang saling menguntungkan, juga karena ridhonya Allah SWT, dan dapat memiliki ekonomi yang enklusif dan berkelanjutan. (jtm/fik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window