Akademik, Berita Terbaru|

Mojokerto Bidik – Sebanyak Lima dosen Universitas KH. Abdul Chalim (UAC), Pacet, Mojokerto lolos seleksi pada Annual Conference for Muslim Scholars (AncoMS) 2023 yang berlangsung di Surabaya, Senin (20/11/2023).

Acara tersebut diadakan selama dua hari, yakni mulai hari Senin hingga Selasa, 20-21 November 2023 di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan Hotel Santika Premiere Gubeng.

AncoMS 2023 merupakan Konferensi Internasional tahunan pada kajian keislaman yang dilaksanakan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam (Kopertais) Wilayah IV Surabaya yang mengusung tema “Local Cultural Values and Religious Moderation”, diikuti oleh 130 peserta.

Setelah melalui seleksi ketat, dari 130 peserta tersebut, lima dosen Universitas KH. Abdul Chalim berhasil terpilih sebagai presentator. Dosen-dosen tersebut diantaranya adalah Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, M. Pd, Imam Syafi’i, M. Kom. I, Dr. Ari Kartiko, M. M, Akhmad Sirojuddin, M. Pd. I, dan Ammar Zainuddin, M. Pd. I.

Potret peserta AnCoMS 2023

AncoMS kelima ini diisi diskusi pararel yang bertempat di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Peserta dibagi menjadi lima ruang berdasarkan kelompok kajian (kluster), yaitu: a) Ekonomi, Hukum, Komunikasi; b) Multidisipliner; c) Pemikiran; d) Pendidikan; dan e) Sosial Budaya.

Presenter pertama, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, M. Pd, memaparkan artikelnya yang berjudul “The Impact of Enhancing Religious Moderation on the Economic Development of the Modongan District in the Mojokerto Regency”.

Sedangkan Imam Syafi’i, M. Kom. I, memaparkan tentang “Desa Satu Atap : Konstruksi Sosial Toleransi Antarumat Beragama Masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo”.

Selanjutnya Akhmad Sirojuddin, M. Pd. I memaparkan tentang “Pembelajaran Moderasi Beragama Era Distrubsi di Madrasah Ibtidaiyah”.

Kemudian Dr. Ari Kartiko, M. M, memaparkan tentang “Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Berbasis Moderasi Beragama di Era Digital”.

Dan presenter terakhir, Ammar Zainuddin, M. Pd. I. memaparkan tentang “Nalar Ideologi Moderasi Beragama Haidar Bagir dalam Mendialogkan Moralitas Religius ”.

Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, M. Pd saat diwawancarai tim Bidik mengungkapkan rasa syukurnya atas support dan dukungan yang luar biasa dari pimpinan, terutama dari Rektor Universitas KH. Abdul Chalim untuk hadir dan mengikuti AnComs 2023. Dan dengan agenda ini, para dosen UAC diberikan kesempatan dan peluang sehingga bisa memberikan ide-ide terkait isu terkini yang berbasis local culture dan religius moderation.

“Semoga kedepannya, banyak peluang-peluang yang dapat kami dapatkan, karna di sini kami bisa bertemu dengan para ahli maupun peneliti dari berbagai Universitas baik dalam maupun luar negeri, membawa dampak yang cukup signifikan bagi perkembangan kami sebagai peneliti di bidang local culture dan religius moderation,” terang Mitra.

Lebih lanjut ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAC, Muhammad Toha, M.E., menanggapi prestasi dosen-dosen tersebut sebagai suatu progres yang luar biasa dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Tentu ini suatu prestasi yang luar biasa, seiring transformasi IKHAC ke UAC diikuti oleh semangat meneliti, mengabdi, dan berkarya dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan suatu kewajiban setiap dosen. Dengan demikian level kampus kita yang sudah menjadi Universitas ini turut diimbangi dengan SDM dosen yang berkualitas,” tegasnya. (sbr/sjl)

Comments are closed.

Close Search Window